Gelang Balian/Dukun Dayak Kuno/Tua [Kode 172] Terjual/Sold Out

Kamis, 09 Juni 2011








Gelang Balian/Dukun Dayak Kuno/Tua [Kode 172] Terjual/Sold Out

Keterangan : Ini Adalah Gelang Balian/Dukun Dayak Kuno/Tua Asli Dijamin Tua!!! Berbahan Dasar Perunggu.

Ukuran : Diameter 14 cm Tebal 4 cm

Kondisi : Masih Dalam Keadaan Bagus/Baik.

Harga :  Terjual/Sold Out

Artikel Yang Menarik :

Gelang Balian

Balian adalah dukun pengobat di suku Dayak, dalam upacara pengobatan biasanya Balian menarikan tarian pengobatan untuk memanggil roh dewa dan leluhur. Aksesoris yang dipakai Balian dalam menari diantaranya adalah gelang Balian, gelang ini apabila dibunyikan dipercaya dapat memanggil roh-roh. Gelang balian disebut juga dengan gelang Hiyang (dewa), gelang ini dipakai para dukun Balian pada kedua pergelangan tangan, jumlah gelang yang dipakai menunjukkan tingkat kesaktian Balian tersebut.

Gelang ini terbuat dari bahan gangsa (perunggu), bentuknya bulat melingkar mirip seperti bentuk kue donat dan cukup berat. Gelang yang dipasang dipergelangan tangan masing-masing berpasangan atau lebih, sehingga apabila tangan dihentakkan atau digoyang maka akan terjadi benturan antara gelang-gelang tersebut dan menghasilkan suara yang sangat nyaring.
Bunyi benturan dari gelang tersebut mengikuti hentakan irama musik pengiring tarian, dengan kata lain para Balian menari sambil membunyikan gelang-geang di pergelangan tangan mereka. Membunyikan gelang-gelang sekaligus menari memiliki tingkat kesulitan tersendiri, sebab terkadang bunyi gelang lebih rapat dan cepat. Gelang ini dapat digunakan oleh dukun Balian laki-laki maupun perempuan.

Foto Ilustrasi Pemakaian Gelang





 
Antik Unik Bertuah © Copyright | Developed By Jasa Buat Blog Murah |