Patung/Arca Batu Giok Sepasang Singa Qilin [Kode 025] Terjual/Sold Out

Sabtu, 30 April 2011




Patung/Arca Batu Giok Sepasang Singa Qilin [Kode 025] Terjual/Sold Out

Keterangan : Jenis Batu Giok Jadelite(Original China),Batu giok yang dibentuk dan diukir sepasang Qilin,Masing-masing tiap patung memiliki Tinggi : 7,8 cm, Tebal : 2,3 cm, Berat : 177 Gram.

Harga : 
Terjual/Sold Out

Dalam legenda Tiongkok dikenal ada binatang yang menjadi tunggangan para dewa. Binatang yang mendapat kepercayaan untuk mengantar para dewa ke mana pun mereka pergi itu bernama Kie Lin. Kie Lin ini merupakan binatang yang mewakili 18 binatang yang ada di dunia.

Kilin sering juga disebut 龍馬 longma (yang dipakai menjadi merk Magicjar Yongma -> bahasa Korea). Longma muncul di hadapan Kaisar 伏羲 FuXi yang memberikan ide tentang susunan angka yang disebut 河圖 Hetu (gambar sungai). Kemudian dikatakan Kilin muncul juga pada jaman raja 堯 Yao dan 舜 Shun. Pemunculan Kilin juga terjadi ketika ibunda Khonghucu akan mengandung, serta saat menjelang akhir hidup Khonghucu. Semua tokoh di atas adalah tokoh penting dalam agama Rujiao, karena itu kedudukan Kilin sangat tinggi dalam agama Rujiao.

Didepan pintu masuk kelenteng biasanya dipasang sepasang patung singa, singa betina dengan anaknya dipasang di bagian kiri, singa jantan yang menginjak bola dipasang di bagian kanan pintu masuk. Berikut saya kutip tulisan tentang kilin dari buku Mengenal Hari Raya Konfusiani, tulisan dr. Hendrik Agus Winarso.



Kilien adalah hewan yang paling agung dari segala hewan berbulu, yang jantan disebut Ki, sedangkan yang betina disebut Lin. Karena manusia tidak dapat membedakan antara yang jantan dan betina, maka disebut Kilien. Kilien baru mau menampakkan dirinya bilamana ada seorang raja atau kepala negara yang benar-benar arif bijaksana, berperikemanusiaan. Oleh karena itu pembesar2 negeri, selalu merasa berbahagia apabila dihormati dengan permainan kilien yang dimainkan pada saat ada suatu perayaan, mereka membalas hormat pada kilien yang memberikan hormatnya.
Kilien mempunyai ciri2 fisik sbb:
1. Badan: berbentuk menjangan
2. Bulu: nampak seperti sisik, tetapi sebenarnya seperti bunga, jadi tidak bersisik
3. Ekor: menyerupai kerbau atau sapi
4. Leher: pada bagian tengkuk menyerupai leher srigala
5. Tandung: hanya bertanduk satu yakni pada bagian tengah batok kepala/ubun-ubun
6. Kaki: berbentuk seperti kaki kuda
7. Warna: kuning

Pada jaman Kekaisaran China di Kota Terlarang, Beijing, Patung Singa ditempat di depan istana kekaisaran untuk melindungi kaisar dari segala sesuatu yang merusak atau niat jahat yang tidak diinginkan dari musuh-musuhnya. Patung Singa Kuil adalah salah satu makhluk mitos, singa jantan bermain dengan bola sementara yang betina memiliki cakar pada perut bayinya.



Patung Singa ini ditempatkan sepasang, merupaka hewan mitos dan penjaga pintu gerbang nirwana. Mereka memiliki wajah menakutkan dan badan berotot dan diyakini dapat melindungi dan menangkal pengaruh roh jahat. Sejak zaman kuno, patung singa ditempatkan di depan istana dan kuil-kuil. Saat ini kita dapat melihat mereka di pintu masuk restoran, bank, hotel, mall dan toko-toko. Dipercaya bahwa orang-orang dengan pikiran yang baik dapat masuk tanpa hambatan, tetapi mereka melihat memiliki maksud jahat akan membatalkan maksudnya. Patung Singa Kuil ini juga memelihara Chi yang memasuki rumah atau tempat bisnis dan dengan demikian membawa keberuntungan.

 
Antik Unik Bertuah © Copyright | Developed By Jasa Buat Blog Murah |